Sungai Nil Di Afrika

Sungai Nil memiliki panjang 6.650 kilometer, teman-teman. Terpaut sedikit dengan ukuran panjang Sungai Amazon di Amerika Selatan. Sungai Amazon memiliki panjang 6.400 kilometer. Selain ukurannya yang panjang, Sungai Nil juga sudah mengalir sejak zaman peradaban kuno dan jadi habitat bagi salah satu reptil terbesar. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia yang terletak di Negara Mesir dengan panjang 6.693 kilometer ini melewati 11 negara dan menjadi sumber air utama bagi dua negara, yaitu Sudan dan Mesir. Sungai terpanjang di dunia ini memiliki saluran pembuangan air seluas lebih dari 3 juta kilometer ini mengalir deras menuju Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania. Sungai Nil memiliki 2 cabang utama, yaitu blue nile dan white nile.

Sungai Nil mengalir sepanjang 6.650 km atau 4.132 mil dan membelah tak kurang dari sembilan negara yaitu: Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan dan tentu saja Mesir. Karena sungai Nil mempunyai sama artinya dalam sejarah bangsa Mesir (terutama Mesir kuno) maka sungai Nil identik dengan Mesir. Pengukuran langsung yang dilakukan pada 2006 menunjukkan bahwa panjang aliran sungai sekitar 6.719 km meskipun pengukuran teoritis memberikan hasil yang sedikit berbeda. Alirannya yang kencang membuat tidak ada sampah yang mengapung dan sungai terlihat bersih.

Sungai Nil mempunyai peranan agen sbobet88 terpercaya sangat penting dalam peradaban, kehidupan dan sejarah bangsa Mesir sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu sumbangan dari sungai Nil adalah kemampuannya dalam menghasilkan tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah aliran sungainya. Tanah yang subur ini memungkinkan penduduk Mesir mengembangkan pertanian dan peradaban sejak ribuan tahun yang lalu.

Menjadi Sungai Terpanjang Di Seluruh Dunia

Sungai yang panjang ini memiliki dua anak sungai, teman-teman. Satu anak sungai yang berasal dari Sudan Selatan disebut Sungai Nil Putih. Anak sungai ini disebut Sungai Nil Putih karena di dalamnya ada kandungan sedimen tanah liat. Sehingga warnanya sedikit putih ke abu-abuan. Kemudian anak sungai yang berasal dari di Ethiopia disebut Sungai Nil Biru. Kalau bagian yang ini tidak mengandung sedimen tanah liat, teman-teman. Sehingga banyak dimanfaatkan sebagai sumber air. Dua anak sungai ini bertemu di Khartoum, Sudan. Kemudian sungai Nil mengalir ke utara melewati Mesir, sampai laut Mediterania.

Kisah sungai Nil memang mendunia. Sungai Nil ini sudah menjadi saksi sejarah sejak zaman peradaban Mesir Kuno, lo. Orang Mesir Kuno juga bergantung pada Sungai Nil sekitar 5.000 tahun yang lalu. Sungai Nil bukan hanya menyediakan air bersih, namun juga sumber makanan dan transportasi, teman-teman. Keberadaan Sungai Nil juga membuat wilayah sekitarnya menjadi tanah yang subur untuk lahan pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *